Profil Magister MKP

(S2)

Overview

advanced divider

Program Master Manajemen dan Kebijakan Publik FISIPOL UGM bertujuan mendidik mahasiswanya agar mengembangkan keterampilan kritis dan analitis yang berguna untuk mengatasi dan memahami berbagai tantangan kebijakan publik, manajemen publik, dan formulasinya. Program ini akan mempersiapkan diri mahasiswa untuk meraih karier di bidang akademik. Meski demikian, ragam keterampilan yang didapat juga sangat mungkin diterapkan di sektor pemerintahan, pelayanan diplomatik, dan sektor swasta.

Master Manajemen dan Kebijakan Publik umumnya terdiri dari empat semester dengan persyaratan kelulusan sebanyak 45 kredit yang sebagian didapatkan dengan menyelesaikan suatu proyek penelitian (tesis). Selain itu, mata kuliah matrikulasi, mata kuliah inti, dan mata kuliah metode penelitian merupakan in mata kuliah yang wajib diikuti oleh tiap siswa peserta program tersebut. Untuk mata kuliah spesialisasi, siswa bisa memilih antara Kebijakan Publik atau Manajemen Publik. 

Visi

Menjadi rujukan nasional dalam pengembangan sumber daya manusia unggul di bidang manajemen dan kebijakan publik di Indonesia.

Misi

Kompetensi

Di dalam perkembangan dinamika Administrasi Negara di Indonesia yang demikian pesat dan semakin menyatu di dalam perkembangan global, terlebih memasuki revolusi industry 4.0, S2 MKP terus berbenah menyiapkan output lulusan yang handal di tengah perubahan tersebut.

Warna baru dari Kurikulum 2021 ditekankan pada kekuatan pengelolaan Konsentrasi, yakni Manajemen dan Kebijakan Publik dengan penguatan pada public value, dengan cara menggabungkan antara proses perkuliahan yang menekankan hardskill dan penguatan soft-skill melalui pengelolaan Studio/lab.

Penekanan hard-skill terletak pada pendalaman teori dan konsep-konsep Ilmu Administrasi Negara, melalui berbagai metode, seperti diskusi, debat, pertemuan klas, penulisan paper, dll.

Sedangkan pada model Studio, pengelolaan ditekankan pada sisi penerapan teori dan konsep MKP melalui beberapa teknik, seperti pencermatan isu yang muncul, cara memecahkan masalah, cara membangun sinergi dan akses, membuka ruang dialog antar aktor dan lintas organisasi pada level manajerial, agenda setting, dan mahasis diminta menawarkan solusi. Produk Studio bisa berupa: advokasi, publikasi, policy brief, dll.

Download Manual Kurikulum Program Magister