Ranjani – Wisudawan Tercepat Pascasarjana S2 Fisipol – Periode I (Oktober)

advanced divider

Ranjani merupakan mahasiswa Program Magister (S2)  Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP) yang meraih predikat wisudawan tercepat di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), pada wisuda Pascasarjana Periode I (Oktober) Tahun Akademik 2021/2022.

Dengan mengusung tesis berjudul “Alienasi Dalam Implementasi Kebijakan Mall Pelayanan Publik (MPP Di Kabupaten Banyumas” bersama Dr. Ratminto, M.Pol.Admin. sebagai dosen pembimbing, Ranjani berhasil lulus dengan masa studi selama 1 tahun 4 bulan 27 hari, dan di wisuda pada tanggal 21 Oktober 2021.

Kesan menjadi wisudawan tercepat “Pastinya senang, kalau kerjaan bisa selesai sesegera mungkin kenapa harus ditunda haha? Alhamdulillah saya mendapat dosen yang bisa mensupport saya”ucap Ranjani asal Cilacap ini.

Selama kuliah di Magister MKP ini “Rasanya capek dan pusing, tapi tetap bisa enjoy karena ada value yang didapat,” walau dihadapkan dengan tantangan kuliah online yang tentu mengurangi euforia diskusi dalam kelas, dan tantangan lainnya seperti perlunya untuk memahami kemauan masing-masing dosen untuk dapat memenuhi tugas tiap mata kuliah. Meski begitu Ranjani tetap merasa senang karena didukung oleh fasilitas kampus dalam belajar, seperti akses jurnal. Pesan untuk mahasiswa lainnya, yang pasti harus pintar dalam memanajemen waktu dan memilih prioritas, kerjakanlah yang penting-penting dahulu. Lalu dalam Menyusun tesis, pintar-pintarlah melihat celah penelitian di era serba online ini, carilah topik tidak terlalu menyusahkan karena harus turun offline ke lapangan. Kemudian lakukanlah metode “Jemput bola,” yakni jangan menunggu instruksi dari dosen tetapi kita lah yang harus rajin menginisiasi, karena dosen pun juga kadang lupa untuk memberi revisi pada mahasiswanya. Terakhir dan yang utama adalah komunikasi, jangan takut untuk berkomunikasi, karena hal-hal yang tidak tersampaikan dengan benar dapat menimbulkan pemahaman yang berbeda antara mahasiswa dengan dosen sehingga berujung pada revisi. (FKP)

advanced divider

Related Post

advanced divider
Berita

LAPORAN TAHUNAN DMKP 2021

Laporan ini dimaksudkan untuk menyediakan gambaran mengenai berbagai kegiatan akademik serta kegiatan penunjang yang dilaksanakan