GAMAPI: Jogja dan Senja, The Role Sustainable Tourism in Vuca Era

advanced divider

Jogja dan Senja merupakan acara yang Gamapi yang dikelola oleh Biro PSDM berkolaborasi dengan Divisi Sosial Masyarakat Gamapi dengan menyatukan dua program kerja yaitu Inspirasi Pengabdian dan Ngobrolin Skill sebagai sarana edukasi bagi mahasiswa dan masyarakat luas. Acara ini diadakan pada 6 Mei 2021. Tema dipilih oleh mahasiswa MKP berdasarkan polling yang dilakukan via Instagram.   Tema yang diangkat adalah mengenai pentingnya mengetahui dan berpartisipasi dalam sustainable tourism.

Tema ini diambil karena saat ini Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang terkenal dengan berbagai pariwisata di dalamnya juga sedang berusaha untuk mencapai sustainable tourism. Di satu sisi Sustainable tourism perlu ditekankan, terutama pada era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) seperti saat di tengan Pandemi Covid-19 ini. , Gamapi menyadari bahwa perlunya menanamkan kesadaran pada mahasiswa dan masyarakat luas betapa pentingnya mengelola sektor pariwisata di Indonesia agar pengelolaannya dapat terjadi secara berkelanjutan terutama saat pandemi Covid – 19. Untuk mendukung acara ini, Gamapi mengundang Naufal Huda (Co-Founder Nuvantara) untuk membahas sudut pandang dari Nuvantara terkait sustainable tourism   di Yogyakarta dan perwakilan WALHI Yogyakarta untuk membahas sudut pandang dari WALHI terkait sustainable tourism di   Yogyakarta. Dari acara Jogja dan Senja ini mahasiswa dan masyarakat mendapatkan berbagai informasi mengenai sustainable tourism yang sudah mulai digalakan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pentingnya sustainable tourism di era pandemi Covid-19, peran millennial dalam program sustainable tourism, dan prinsip-prinsip dalam sustainable tourism.

advanced divider

Related Post

advanced divider
Berita

LAPORAN TAHUNAN DMKP 2021

Laporan ini dimaksudkan untuk menyediakan gambaran mengenai berbagai kegiatan akademik serta kegiatan penunjang yang dilaksanakan