Program Magister / S2

Manajemen dan Kebijakan Publik

Pendaftaran Mahasiswa Baru S2

3rd Intake will close in:

Days
Hours
Minutes
Seconds

Jadwal Pendaftaran

(Last Update: 28 Agustus 2024)
KEGIATANGEL. 1GEL. 2GEL. 3GEL. 4
Pendaftaran3-24 Sept 2024(Tidak dibuka)19 Nov – 3 Des 202417 Des 2024 – 7 Jan 2025
 Test wawancara
*bagi yang lolos administrasi
28-30 Sept 2024(Tidak dibuka)7-9 Des 202411-13 Jan 2025
Pengumuman hasil seleksi3 Okt 2024(Tidak dibuka)12 Des 202416 Jan 2025
Registrasi 4 Okt 2024 – 31 Jan 2025(Tidak dibuka)13 Des 2024 – 31 Jan 202517 Jan – 31 Jan 2025
Hasil verifikasi dokumen registrasi dan Penetapan UKT10 Okt 2024(Tidak dibuka)19 Des 202423 Jan 2025
Pembayaran UKT10 Okt 2024 – 31 Jan 2025(Tidak dibuka)19 Des 2024 – 31 Jan 202523-31 Jan 2025
Awal kegiatan akademik10 Februari 2025(Tidak dibuka)10 Februari 202510 Februari2025

(Jadwal dimungkinkan mengalami perubahan).

Biaya Pendidikan

UKT (biaya)/ semester:

  1. Jalur Reguler =  Rp 12.000.000
  2. Jalur Beasiswa = Rp 14.000.000
  3. Jalur Kerjasama =  Rp 16.000.000
  4. Jalur Internasional/asing = Rp 42.250.000

Surat Keputusan Penetapan UKT Pascasarjana 2024

Prosedur Pendaftaran

Jadwal pendaftaran ter-update dapat dilihat di sini.

  1. Melakukan pendaftaran dan membuat akun di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  2. Syarat dan prosedur pendaftaran secara online, klik di sini.
  3. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
  4. Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus berwarna dan dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.

Keperluan Dokumen :

(Last Update: 4 Oktober 2024)
No.DokumenFormat

1

Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera).*.jpg

2

Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir S1/D4 yang sah dan legal (semua halaman)*.pdf

3

Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan yang terakhir (akreditasi saat ini)*.pdf

4

Sertifikat:

*.pdf

5

Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*). Sertifikat yang diakui adalah:

*.pdf

6

Untuk persyaratan pendaftaran calon mahasiswa, skor PAPs/TPDA PLTI (HIMPSI)/TPA Bappenas dan AcEPT/TOEP PLTI/IELTS/iBT TOEFL/ITP TOEFL mengikuti minimal skor yang disyaratkan oleh Universitas. Namun Program Studi mempunyai standar minimal skor tersendiri yaitu:

a) PAPs/TPDA PLTI (HIMPSI)/TPA Bappenas : 500

b) AcEPT 209/TOEP PLTI 45/IELTS 5.0/iBT TOEFL 45/ITP TOEFL 450

Jika saat mendaftar skoringnya dibawah skor Program Studi, maka calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa diminta untuk test secara mandiri sampai skor minimal dari Program Studi terpenuhi dalam kurun waktu 1 (satu) semester di awal perkuliahan.

 

7

Pada halaman pendaftaran, masukkan 2 (dua) alamat email aktif rekomendator. Sistem akan otomatis mengirimkan tautan kepada rekomendator untuk mengisi rekomendasi.*.pdf

8

Surat keterangan sehat dari dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit.*.pdf

9

Syarat khusus:

  1. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
  2. Essay atau Makalah semacam paper tentang Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP)/Administrasi Publik (bukan skripsi)
    dengan ketentuan tulisan terdiri dari 5000 s.d. 7000 kata, spasi ganda, font Times New Roman 12 pt. Dilengkapi dengan surat pernyataan bermaterai bahwa tulisan tersebut adalah hasil karya sendiri. (surat pernyataan format dapat diunduh di sini).
*.pdf

10

Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);*.pdf
  1. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-paymentBank Mandiri, BNI, BRI, Bank Syariah Mandiri (BSM), atau BTN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat pada akun pendaftaran masing-masing.
    * Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode berikutnya dengan alasan apapun.
  2. Berkas softfile dikirimkan dalam 2 (dua) file format PDF ke email program studi yaitu:
    Email: prodis2.mkp.fisipol@ugm.ac.id
    Subject email: Berkas Pendaftaran_Nama Lengkap
    *Berkas diterima paling lambat sesuai jadwal terakhir verifikasi dokumen pendaftaran yang tertera pada jadwal di https://um.ugm.ac.id/jadwal-seleksi-magister-dan-doktor/
    dengan urutan berkas softfile yaitu:
     
    • A. 1 (satu) file pdf gabungan (bukan dalam bentuk zip atau rar) berkas yang diupload dengan urutan Cover bukti online pendaftaran (bukti peserta), CV lengkap, Ijazah dan transkrip scan asli, akreditasi prodi, toefl/acept/TOEP/IELTS dan TPA/PAPs/TKDA scan asli, proyeksi keinginan, surat sehat, surat ijin studi/belajar (bagi yang bekerja), MOU dan perjanjian kerjasama (bagi yang beasiswa), Pernyataan keaslian dokumen. File di save dengan nama: Nama Lengkap_Berkas Pendaftaran.
    • B. Essay/ Makalah semacam paper tentang MKP dengan ketentuan tulisan terdiri dari 5000 s.d. 7000 kata, spasi ganda, font Times New Roman 12 pt, dan surat pernyataan bermaterai bahwa tulisan tersebut adalah hasil karya sendiri. File di save dengan nama: Nama Lengkap_Essay.
  3. Mengirimkan berkas fisik ke program studi sejumlah 1 (satu) rangkap dengan ketentuan dijilid biasa dengan cover mika bening dan dengan urutan berkas sebagai berikut:
    1. Bukti Peserta UGM – cetak warna & di tandatangani
    2. CV Lengkap – cetak warna
    3. Surat Pernyataan Keaslian Dokumen bermaterai – asli
    4. Ijazah dan transkrip – Fotocopy legalisir
    5. Sertifikat Akreditasi Prodi Terupdate – Fotocopy
    6. Sertifikat test bahasa inggris (AcEPT/Toefl ITP-iBT/TOEP/IELTS) dan kemampuan akademik (TPA/PAPs/TPDA) – cetak warna
    7. Proyeksi Keinginan (cetak atau tulisan tangan) – asli
    8. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja – asli
    9. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama) – fotocopy
    10. Surat Sehat – asli
    11. Essay atau Makalah semacam paper tentang Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP)/Administrasi Publik (bukan skripsi) – asli
    12. Surat pernyataan bermaterai bahwa tulisan tersebut adalah hasil karya sendiri – asli

Berkas pendaftaran dikirim via jasa kurir ke:
Panitia UM S2 MKP
Fisipol UGM
Jl. Sosio Yusticia 2, Bulaksumur, Yogyakarta 55281

Informasi lebih lanjut kunjungi um.ugm.ac.id

Atau hubungi kami di:
HP: 0812 2792 2927 (Mbak Ratna)