Program Magister / S2

Manajemen dan Kebijakan Publik

Pendaftaran Mahasiswa Baru S2

Jadwal Pendaftaran

(Last Update: 15 September 2025)
NoKegiatanGelombang 1Gelombang 2Gelombang 3Gelombang 4
1Pendaftaran16 Sep – 7 Okt 2025

(Tidak dibuka)

25 Nov – 16 Des 202530 Des 2025 – 20 Jan 2026
2Verifikasi dokumen pendaftaran16 Sep – 8 Okt 2025

25 Nov – 17 Des 202530 Des 2025 – 21 Jan 2026
3Tes wawancara10 – 12 Oktober 2025

19 – 21 Desember 202523 – 25 Januari 2026
4Pengumuman hasil seleksi15 Oktober 2025

24 Desember 202528 Januari 2026
5Registrasi online bagi yang diterima16-20 Oktober 2025

24-31 Desember 202529 Januari – 2 Februari 2026
6Hasil verifikasi dokumen registrasi dan Penetapan UKT21 Oktober 2025

2 Januari 20263 Februari 2026
7Periode Pembayaran UKT21 Oktober  – 18 November 2026

2 Januari – 2 Februari 20263-6 Februari 2026
8Awal kegiatan akademik1 Februari 2026

1 Februari 20261 Februari 2026

 

Jadwal dimungkinkan mengalami perubahan. Jadwal pendaftaran ter-update dapat dilihat di sini.

Biaya Pendidikan

UKT (biaya)/ semester Kelas Reguler:

  1. Jalur Reguler =  Rp 12.000.000
  2. Jalur Beasiswa = Rp 14.000.000
  3. Jalur Kerjasama =  Rp 16.000.000
  4. Jalur Internasional/asing = Rp 42.250.000

Surat Keputusan Penetapan UKT Pascasarjana 2024

UKT (biaya)/ semester Kelas Hybrid:

    Rp20.000.000 

Surat Keputusan Rektor tentang UKT pada Program Profesi dan Pascasarjana UGM  TA 2025/2026

Prosedur Pendaftaran

  1. Melakukan pendaftaran dan membuat akun di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  2. Syarat dan prosedur pendaftaran secara online, klik di sini.
  3. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
  4. Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus berwarna dan dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.

Keperluan Dokumen :

(Last Update: 14 Januari 2025)
No.DokumenFormat

1

Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera).*.jpg

2

Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir S1/D4 yang sah dan legal (semua halaman)*.pdf

3

Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan yang terakhir (akreditasi saat ini)*.pdf

4

Sertifikat:

*.pdf

5

Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*). Sertifikat yang diakui adalah:

*.pdf

6

Untuk persyaratan pendaftaran calon mahasiswa, skor PAPs/TPDA PLTI (HIMPSI)/TPA Bappenas dan AcEPT/TOEP PLTI/IELTS/iBT TOEFL/ITP TOEFL mengikuti minimal skor yang disyaratkan oleh Universitas. Minimal skor yang disyaratkan tercantum pada Peraturan Rektor (PEREK) Nomor 23 Tahun 2024 Pasal 4 Point 3 (c) yaitu memiliki nilai potensi akademik lebih dari atau sama dengan 450 (empat ratus lima puluh) dan nilai kemampuan berbahasa Inggris setara dengan nilai TOEFL lebih dari atau sama dengan 400 (empat ratus). PEREK bisa di download pada link berikut.

Namun Program Studi mempunyai standar minimal skor tersendiri yaitu:

a) PAPs/TPDA PLTI (HIMPSI)/TPA Bappenas : 500

b) AcEPT 209/TOEP PLTI 45/IELTS 5.0/iBT TOEFL 45/ITP TOEFL 450

Jika saat mendaftar skoringnya dibawah skor Program Studi, maka calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa diminta untuk test secara mandiri sampai skor minimal dari Program Studi terpenuhi dalam kurun waktu 1 (satu) semester di awal perkuliahan.

*.pdf

7

Pada halaman pendaftaran, masukkan 2 (dua) alamat email aktif rekomendator. Sistem akan otomatis mengirimkan tautan kepada rekomendator untuk mengisi rekomendasi.*.pdf

8

Surat keterangan sehat dari dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit.*.pdf

9

Syarat khusus:

  1. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format untuk Kelas Reguler Yogyakarta dapat diunduh di sini dan Kelas Eksekutif Hybrid di sini);
  2. Essay atau Makalah berupa paper yang mengangkat suatu kasus/isu seputar ilmu Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP)/Administrasi Publik namun bukan tugas akhir (skripsi)
    dengan ketentuan tulisan terdiri dari 5000 s.d. 7000 kata, spasi ganda, font Times New Roman 12 pt. Dilengkapi dengan surat pernyataan bermaterai bahwa tulisan tersebut adalah hasil karya sendiri. (surat pernyataan format dapat diunduh di sini).
*.pdf

10

Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);*.pdf
  1. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-paymentBank Mandiri, BNI, BRI, Bank Syariah Mandiri (BSM), atau BTN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat pada akun pendaftaran masing-masing.
    * Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode berikutnya dengan alasan apapun.
  2. Berkas softfile dikirimkan dalam 2 (dua) file format PDF ke email program studi yaitu:
    Email: prodis2.mkp.fisipol@ugm.ac.id
    Subject email: Berkas Pendaftaran_Kelas Reguler_Nama Lengkap
    *Berkas diterima paling lambat sesuai jadwal terakhir verifikasi dokumen pendaftaran yang tertera pada jadwal di https://um.ugm.ac.id/jadwal-seleksi-magister-dan-doktor/
    dengan urutan berkas softfile yaitu:
    • A. 1 (satu) file pdf gabungan (bukan dalam bentuk zip atau rar) berkas yang diupload dengan urutan Cover bukti online pendaftaran (bukti peserta), CV lengkap, Ijazah dan transkrip scan asli, akreditasi prodi, toefl/acept/TOEP/IELTS dan TPA/PAPs/TKDA scan asli, proyeksi keinginan, surat sehat, surat ijin studi/belajar (bagi yang bekerja), MOU dan perjanjian kerjasama (bagi yang beasiswa), Pernyataan keaslian dokumen. File di save dengan nama: Nama Lengkap_Berkas Pendaftaran.
    • B. Essay/ Makalah semacam paper tentang MKP dengan ketentuan tulisan terdiri dari 5000 s.d. 7000 kata, spasi ganda, font Times New Roman 12 pt, dan surat pernyataan bermaterai bahwa tulisan tersebut adalah hasil karya sendiri. File di save dengan nama: Nama Lengkap_Essay.
  3. Mengirimkan berkas fisik ke program studi sejumlah 1 (satu) rangkap dengan ketentuan dijilid biasa dengan cover mika bening dan dengan urutan berkas sebagai berikut:
    1. Bukti Peserta UGM – cetak warna & di tandatangani
    2. CV Lengkap – cetak warna
    3. Surat Pernyataan Keaslian Dokumen bermaterai – asli
    4. Ijazah dan transkrip – Fotocopy legalisir
    5. Sertifikat Akreditasi Prodi Terupdate – Fotocopy
    6. Sertifikat test bahasa inggris (AcEPT/Toefl ITP-iBT/TOEP/IELTS) dan kemampuan akademik (TPA/PAPs/TPDA) – cetak warna
    7. Proyeksi Keinginan (cetak atau tulisan tangan) – asli
    8. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja – asli
    9. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama) – fotocopy
    10. Surat Sehat – asli
    11. Essay atau Makalah semacam paper tentang Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP)/Administrasi Publik (bukan skripsi) – asli
    12. Surat pernyataan bermaterai bahwa tulisan tersebut adalah hasil karya sendiri – asli

Berkas pendaftaran dikirim via jasa kurir ke:
Panitia UM S2 MKP
Fisipol UGM
Jl. Sosio Yusticia 2, Bulaksumur, Yogyakarta 55281

Informasi lebih lanjut kunjungi um.ugm.ac.id

Atau hubungi kami di:
HP: 0812 2792 2927 (Mbak Ratna)