Pendaftaran S2

Update Mei 2022:

Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Magister (S2)

Jadwal pendaftaran dapat dilihat di sini.

  1. Melakukan pendaftaran dan membuat akun di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  2. Syarat dan prosedur pendaftaran secara online, klik di sini.
  3. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
  4. Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus berwarna dan dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.

Keperluan Dokumen :

NoDokumenFormat
1Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru.*.jpg
2Ijazah jenjang pendidikan S1 terakhir yang sah dan legal (tidak menerima lulusan DIV)
untuk lulusan D4 kami sarankan mendaftar ke Program Magister Administrasi Publik
*.pdf
3Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal (semua halaman)*.pdf
4Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan yang terakhir (akreditasi saat ini)*.pdf
5

Sertifikat: 

*.pdf
6

Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*). Sertifikat yang diakui adalah:

*.pdf
7

Untuk persyaratan pendaftaran calon mahasiswa, skor PAPs/TPDA PLTI (HIMPSI)/TPA Bappenas dan AcEPT/TOEP PLTI/IELTS/iBT TOEFL/ITP TOEFL mengikuti minimal skor yang disyaratkan oleh Universitas. Namun Program Studi mempunyai standar minimal skor tersendiri yaitu:

a. PAPs/TPDA PLTI (HIMPSI)/TPA Bappenas : 500
b. AcEPT 209/TOEP PLTI 40/IELTS 5.0/iBT TOEFL 45/ITP TOEFL 450

Jika saat mendaftar skoringnya dibawah skor Program Studi, maka calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa diminta untuk test secara mandiri sampai skor minimal dari Program Studi terpenuhi dalam kurun waktu 1 (satu) semester di awal perkuliahan.

 
8Pada halaman pendaftaran, mengisi alamat email aktif rekomendator. Sistem akan secara otomatis mengirimkan link ke email rekomendator untuk diisi rekomendasi.*.pdf
9Surat keterangan sehat dari dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit.*.pdf
10

Syarat khusus:

  1. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
  2. Essay atau Makalah semacam paper tentang Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP)/Administrasi Publik (bukan skripsi)
    dengan ketentuan tulisan terdiri dari 5000 s.d. 7000 kata, spasi ganda, font Times New Roman 12 pt. Dilengkapi dengan surat pernyataan bermaterai bahwa tulisan tersebut adalah hasil karya sendiri. (surat pernyataan format dapat diunduh di sini).
*.pdf
11Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);*.pdf
  1. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-paymentBank Mandiri, BNI, BRI, Bank Syariah Mandiri (BSM), atau BTN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini.
    * Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode berikutnya dengan alasan apapun.
  2. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.
  3.  Berkas yang diupload, essay dan CV jadikan 1 (satu) berkas dan di jilid dengan cover bukti pendaftaran online yang dicetak warna kemudian dikirim ke prodi sejumlah 1 (satu) rangkap, dikirim via pos.
  4. Berkas softfile (dalam format PDF) dikirimkan ke email program studi dengan alamat: prodis2.mkp.fisipol@ugm.ac.id
    Subject email: Berkas Pendaftaran_Nama Lengkap
    dengan urutan berkas softfile yaitu:
    • A. Satu File berisi semua berkas yang diupload dengan urutan Cover bukti online pendaftaran, Ijazah dan transkrip scan asli, akreditasi prodi, toefl/acept/TOEP/IELTS dan TPA/PAPs/TKDA scan asli, proyeksi keinginan, surat sehat (jika ada), surat ijin studi/belajar (bagi yang bekerja), MOU dan perjanjian kerjasama (bagi yang beasiswa), Pernyataan keaslian dokumen, CV lengkap. File di save dengan nama: Nama Lengkap_Berkas Pendaftaran.
    • B. Essay/ Makalah semacam paper tentang MKP dengan ketentuan tulisan terdiri dari 5000 s.d. 7000 kata, spasi ganda, font Times New Roman 12 pt, dan surat pernyataan bermaterai bahwa tulisan tersebut adalah hasil karya sendiri. File di save dengan nama: Nama Lengkap_Essay.

Berkas pendaftaran dikirim via pos ke:
Panitia UM S2 MKP
Fisipol UGM
Jl. Sosio Yusticia 2, Bulaksumur, Yogyakarta 55281

Berkas Pendaftaran kami terima paling lambat sesuai jadwal terakhir verifikasi Dokumen Pendaftaran yang tertera pada laman um.ugm.ac.id


Informasi lebih lanjut kunjungi um.ugm.ac.id

Atau hubungi kami di:
HP: 0812 2792 2927 (Mbak Ratna)