Pendaftaran S2

Update 23 Februari 2024 (Jadwal):

PENGUMUMAN:
SELEKSI WAWANCARA BAGI YANG LOLOS SYARAT ADMINISTRASI
DILAKSANAKAN PADA HARI SABTU, 6 JANUARI 2023 PUKUL 09:00 WIB SECARA ONLINE.
BAGI YANG DINYATAKAN LOLOS SELEKSI ADMINISTRASI AKAN ADA UNDANGAN PANGGILAN WAWANCARA MELALUI EMAIL YANG TERDAFTAR.
Pendaftaran calon mahasiswa baru periode Gasal TA 2023/2024 Gel. 2 ditutup 10 Juli 2023, pukul 15.00 WIB.

Berkas Softfile di kirim via email maksimal tanggal 11 Juli 2023.
Berkas Fisik dikirim ke alamat via jasa kurir cap pos maksimal 13 Juli 2023.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Magister (S2)

Jadwal pendaftaran dapat dilihat di sini.

  1. Melakukan pendaftaran dan membuat akun di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  2. Syarat dan prosedur pendaftaran secara online, klik di sini.
  3. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
  4. Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus berwarna dan dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.

Keperluan Dokumen :

No Dokumen Format
1 Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru. *.jpg
2 Ijazah jenjang pendidikan S1 terakhir yang sah dan legal (tidak menerima lulusan DIV)
untuk lulusan D4 kami sarankan mendaftar ke Program Magister Administrasi Publik
*.pdf
3 Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal (semua halaman) *.pdf
4 Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan yang terakhir (akreditasi saat ini) *.pdf
5

Sertifikat: 

*.pdf
6

Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*). Sertifikat yang diakui adalah:

*.pdf
7

Untuk persyaratan pendaftaran calon mahasiswa, skor PAPs/TPDA PLTI (HIMPSI)/TPA Bappenas dan AcEPT/TOEP PLTI/IELTS/iBT TOEFL/ITP TOEFL mengikuti minimal skor yang disyaratkan oleh Universitas. Namun Program Studi mempunyai standar minimal skor tersendiri yaitu:

a. PAPs/TPDA PLTI (HIMPSI)/TPA Bappenas : 500
b. AcEPT 209/TOEP PLTI 45/IELTS 5.0/iBT TOEFL 45/ITP TOEFL 450

Jika saat mendaftar skoringnya dibawah skor Program Studi, maka calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa diminta untuk test secara mandiri sampai skor minimal dari Program Studi terpenuhi dalam kurun waktu 1 (satu) semester di awal perkuliahan.

 
8 Pada halaman pendaftaran, mengisi alamat email aktif rekomendator. Sistem akan secara otomatis mengirimkan link ke email rekomendator untuk diisi rekomendasi. *.pdf
9 Surat keterangan sehat dari dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit. *.pdf
10

Syarat khusus:

  1. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
  2. Essay atau Makalah semacam paper tentang Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP)/Administrasi Publik (bukan skripsi)
    dengan ketentuan tulisan terdiri dari 5000 s.d. 7000 kata, spasi ganda, font Times New Roman 12 pt. Dilengkapi dengan surat pernyataan bermaterai bahwa tulisan tersebut adalah hasil karya sendiri. (surat pernyataan format dapat diunduh di sini).
*.pdf
11 Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama); *.pdf
  1. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-paymentBank Mandiri, BNI, BRI, Bank Syariah Mandiri (BSM), atau BTN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat pada akun pendaftaran masing-masing.
    * Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode berikutnya dengan alasan apapun.
  2. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.
  3.  Berkas yang diupload, essay dan CV jadikan 1 (satu) berkas dan di jilid dengan cover bukti pendaftaran online (bukti peserta) yang dicetak warna kemudian dikirim ke prodi sejumlah 1 (satu) rangkap, dikirim via pos.
  4. Berkas softfile (dalam format PDF) dikirimkan ke email program studi dengan alamat: prodis2.mkp.fisipol@ugm.ac.id
    Subject email: Berkas Pendaftaran_Nama Lengkap
    dengan urutan berkas softfile yaitu:
    • A. 1 (satu) file pdf gabungan (bukan dalam bentuk zip atau rar) berkas yang diupload dengan urutan Cover bukti online pendaftaran (bukti peserta), Ijazah dan transkrip scan asli, akreditasi prodi, toefl/acept/TOEP/IELTS dan TPA/PAPs/TKDA scan asli, proyeksi keinginan, surat sehat (jika ada), surat ijin studi/belajar (bagi yang bekerja), MOU dan perjanjian kerjasama (bagi yang beasiswa), Pernyataan keaslian dokumen, CV lengkap. File di save dengan nama: Nama Lengkap_Berkas Pendaftaran.
    • B. Essay/ Makalah semacam paper tentang MKP dengan ketentuan tulisan terdiri dari 5000 s.d. 7000 kata, spasi ganda, font Times New Roman 12 pt, dan surat pernyataan bermaterai bahwa tulisan tersebut adalah hasil karya sendiri. File di save dengan nama: Nama Lengkap_Essay.

Berkas pendaftaran dikirim via pos ke:
Panitia UM S2 MKP
Fisipol UGM
Jl. Sosio Yusticia 2, Bulaksumur, Yogyakarta 55281

Berkas Pendaftaran kami terima paling lambat sesuai jadwal terakhir verifikasi Dokumen Pendaftaran yang tertera pada laman um.ugm.ac.id


Informasi lebih lanjut kunjungi um.ugm.ac.id

Atau hubungi kami di:
HP: 0812 2792 2927 (Mbak Ratna)