PROGRAM

SARJANA | S1

Selayang Pandang Program Sarjana MKP

Program Sarjana Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP) bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang diperlukan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh para pembuat kebijakan dan manajer publik. Melalui program ini, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mendalami isu-isu teoritis dan empiris yang dihadapi oleh para pelaku di sektor publik dan swasta.

Model 2 - MKP08208 - C

PROGRAM

REGULER

Program Sarjana Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP) UGM merupakan pelopor institusi pendidikan di bidang administrasi publik di Indonesia. MKP UGM menawarkan sejumlah program pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan berkualitas yang memiliki kompetensi teoritis dan praktis tidak hanya dalam bidang administrasi publik, tetapi juga analisis kebijakan publik dan kegiatan manajemen publik. MKP memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan dan penelitian yang diakui secara internasional dalam bidang kebijakan dan manajemen publik. Di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang dipandu oleh visi “Committed to Science for Better Society”, MKP bertekad menyelenggarakan pendidikan sarjana untuk “Strengthening Democratic Public Governance“. Adapun lulusan program studi S1 MKP bergelar Sarjana Ilmu Politik (S.I.P).

Program Sarjana MKP memiliki beberapa capaian yang diharapkan seperti memahami konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, memperoleh pengetahuan untuk mengelola organisasi publik dan non-publik, memahami konsep membangun jaringan lintas lembaga pemerintah, swasta, dan sosial, memahami karakteristik aktor-aktor dalam membangun jaringan, dan memahami konsep nilai-nilai kepentingan publik dalam organisasi publik dan non-publik. Program MKP Reguler telah mengembangkan banyak mata kuliah yang dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan tingkat menengah.

Pendaftaran

Terdapat 4 jalur pendaftaran yang bisa diikuti oleh calon mahasiswa Program Studi MKP UGM (Reguler):

  1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)
  2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)
  3. Ujian Mandiri UGM Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (UM UGM PBUB)
  4. Ujian Mandiri UGM Computer Based Test (UM UGM CBT)
  5. Biaya Kuliah | UKT

Jadwal Pendaftaran klik disini

MKP08307 (kanan)

PROGRAM

INTERNATIONAL

The International Undergraduate Program in the Department of Public Policy and Management Program (DPPM), or commonly abbreviated as IUP-PPM, is an international version of our undergraduate program. This program is aimed to create globally minded and internationally qualified students. The courses in this program will be delivered in English by competent professors with strong academic backgrounds. Furthermore, IUP-PPM facilitates and provides opportunities for each of its students to experience international exposure through various means and interact with international students in Universitas Gadjah Mada.

IUP PPM is the first public policy management program in Indonesia that has been accredited by AUN (ASEAN University Network) at Program Level under the umbrella of ASEAN-QA. It reaffirms the quality of education we are providing, not only in Indonesia but also in ASEAN standards. The program is purposefully designed to respond to new challenges on public administration in local and national, as well as global level, and aims at arming students with knowledge and skills in three main areas, namely Governance and Public Policy, Public Management and Innovation, and International Development and Policy.

Whats the difference of

Regular and International programs?

IUP in PPM offers student opportunities to experience international exposure through one of the following tracks:

  1. Study Abroad Program (one to two semesters in partner university)
  2. Student exchange or credit transfer (one to two semesters in partner university)

In addition:

  1. Internship (three to six months in Indonesia-based international organizations, embassies, internationally-linked government bodies, donor institutions, international NGOs,  or multinational corporations)
  2. International executive training or short course program in (one week up to three months in foreign countries)

The admission to IUP is separated from regular programs admission (SNBP/SNBT and UM UGM), the complete information about IUP admission can be accessed through the admission section tab.

UGM aims to provide greater opportunities for those interested in studying at its undergraduate programs. Therefore, in the 2024 admission, any applicant accepted and proceeded with their registration at an IUP cannot be accepted in regular program in UGM through SNBP or any of the other pathways (UM UGM PBU and/or UM UGM CBT).

INTERNATIONAL UNDERGRADUATE PROGRAM (IUP) ADMISSION

3rd Intake will close in:

Days
Hours
Minutes
Seconds

3rd Intake will starts in:

Days
Hours
Minutes
Seconds
<p>3rd Intake IUP is now open, June 19 – July 11, 2024</p>

Update January 2024:

Admission Timeline

*Last Update: June 24, 2024
INTAKE
Activity
Application Period
INTAKE  1RegistrationJanuary 23 – February 21, 2024
Admission Test (Offline)February 29 – March 3, 2024
AnnouncementMarch 6, 2024
Registration and Tuition PaymentMarch 7-18 2024
INTAKE 2RegistrationApril 3 – May 6, 2024
Admission Test (Online)May 14 – 17, 2024
AnnouncementMay 22, 2024
Registration and Tuition PaymentMay 28 – Juni 5, 2024
INTAKE 3RegistrationJune 19 – July 11, 2024
Admission Test (Offline)July 16 – 20, 2024
AnnouncementJuly 23, 2024
Registration (Upload Document)July 23-24,  2024
Tuition PaymentJuly 24-26,  2024

Admission Requirements

  1. Graduates of 2024, 2023, and 2022 from senior high school or equivalent with good academic records.
  2. Good academic capability, as indicated by the score of Gadjah Mada Scholastic Test (GMST) (min 500).
  3. Good proficiency in English, as indicated by score of English Certificate, as follows:
    1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM (min. 268)
    2. TOEFL ITP (min. 500)
    3. TOEFL iBT (min. 61)
    4. IELTS (min. 6.0)
  4. There are two options regarding an English Certificate, applicant can choose one of the options: 
    1. Submit TOEFL ITP/ TOEFL iBT/ IELTS Certificate during the application period
    2. Take AcEPT test held by UGM during the Day 1 Test
  5. Pass interview test.

Admission Test

The registered applicants will undertake academic verification test held by UGM as follows:

Day 1 :
1. Gadjah Mada Scholastic Test (GMST)
2. Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM (if applicant could not submit any English Certificate during the application period)

Day 2 :
(For those who pass GMST and AcEPT/TOEFL ITP/TOEFL IBT/IELTS)
a) Essay Writing
b) Interview

Tuition Fee

   Rp. 25.000.000,-/Semester (Indonesian Students)
   Rp. 35.000.000,-/Semester (Non-Indonesian Students)

Procedures

  1. Sign up for an application account HERE
  2. Complete the online application form and upload the following documents (Minimum 150 KB and maximum 200 KB).
For applicants who graduated in 2022 & 2023
For applicants who will Graduated in 2024
Format
Colored photograph with white background.Photograph with white background..JPG
High school graduation certificate or SAT/A-Level/ International Baccalaureate or equivalent certificate.High school academic report from grade 10 to 11 and the first semester of grade 12..PDF
High school academic report from grade 10 to 12.ID (SIM/KTP/Passport/Student card)
National examination final score transcript (SKHUN).A valid certificate of English proficiency (Please refer to the Admission Requirements number 4)
ID (SIM/KTP/Passport/Student card).Statement of Document Authenticity: Download here.
A valid certificate of English proficiency (Please refer to the Requirements Eligibilities number 4) 
Statement of Document Authenticity: (Download here). 
    1. Pay non-refundable application fee: Rp 1.500.000 HERE
    2. Print application form. If you encounter any problem printing the application, please feel free to contact un at +62274 551222, 6491919 or email the payment receipts and all required documents to umugm@ugm.ac.id.
    3. Admission Card can be printed on the day as mentioned in your application account (step 7)

Contact Us for More Information

WhatsApp : +62 813 2511 5665
Email   : iup.dppm@ugm.ac.id

Download Leaflet

Kurikulum

Kurikulum DMKP bersifat semi-paket, di mana setiap mahasiswa perlu menyelesaikan 149 SKS dalam kurun waktu paling lama 5 tahun atau 10 semester. Pada semester 1 hingga semester 4 mahasiswa akan mengambil mata kuliah yang telah di paketkan.

Program Reguler

Pada semester 5, mahasiswa Program Reguler mengambil paket mata kuliah wajib, kemudian mengambil mata kuliah pilihan di semester 6. Matakuliah wajib dan pilihan dapat dikonversi dari mengikuti program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang berisi 4 arena, Pertukaran Mahasiswa (dengan Mitra DMKP atau IISMA), Magang, Riset, dan Kewirausahaan.

Program Internasional

Pada semester 5, mahasiswa Program Internasional (IUP) melakukan International Exposure Program (IEP) ke universitas mitra, kemudian mengambil paket mata kuliah wajib di semester 6. Matakuliah wajib dapat dikonversi dari mengikuti program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang berisi 3 arena, Magang, Riset, dan Kewirausahaan.

Catatan: Khusus untuk mata kuliah *Seminar Rencana Penelitian (SRP) tidak bisa di konversi dari MBKM, karena SRP merupakan matakuliah yang dirancang untuk mempersiapkan skripsi sehingga mahasiswa dapat lulus tepat waktu.

Semester 1

No

Program RegulerProgram Internasional

SKS

1

PPSMBCampus Orientation

(1)

2

Pendidikan PancasilaCitizenship

2

3

Penulisan AkademikAcademic Writing

2

4

Ilmu Sosial DasarBasics of Social Science

3

5

Sejarah Sosial dan Politik IndonesiaIndonesian Social and Political History

3

6

Sistem Sosial dan Politik IndonesiaIndonesian Social and Political System

3

7

Pengantar Ilmu PolitikIntroduction to Political Science

3

8

Dasar-dasar Hukum untuk Administrasi PublikLegal Foundation for Public Administration

4

9

Dasar-dasar Ilmu Administrasi PublikBasics of Public Administration

4

Total SKS

24

Semester 2

No

Program RegulerProgram Internasional

SKS

1

Metodologi Penelitian SosialMethods for Social Research

3

2

Pengantar Manajemen PublikIntroduction to Public Management

4

3

Pengantar Kebijakan PublikIntroduction to Public Policy

4

4

Teori OrganisasiTheories of Organization

4

5

Manajemen Sumber Daya ManusiaPublic Sector Economics

4

6

KewarganegaraanPancasila: National Ideology

2

7

Pendidikan AgamaReligious Studies

2

Total SKS23

 

Semester 3

No

Program RegulerProgram Internasional

SKS

1Metode Penelitian KualitatifQualitative Research4
2Perilaku Administrasi PublikPublic Sector Governance4
3Ekonomi Sektor PublikPolitical Economy of Development4
4Formulasi Kebijakan PublikPublic Policy Formulation4
5Kepemimpinan Sektor PublikLeadership in Public Sector4
6Tatakelola Sektor PublikHuman Resource Management4
Total SKS24

 

Semester 4

No

Program RegulerProgram Internasional

SKS

1Metode Penelitian KuantitatifQuantitative Research4
2Advokasi dan Manajemen Konflik KebijakanPolicy Advocacy and Conflict Management4
3Implementasi Kebijakan PublikPolicy Implementation4
4Penganggaran Sektor PublikPublic Sector Budgeting4
5Inovasi Sektor PublikPublic Sector Innovation4
6Ekonomi Politik PembangunanPublic Administration Behaviour4
Total SKS 24

 

Semester 5
NoProgram RegulerSKSProgram InternasionalSKS
 1Evaluasi Kebijakan Publik4International Exposure Program 20
2Teknik Pengambilan Keputusan4*Research Design Seminar4
3Etika dan Akuntabilitas Publik4  
4Tatakelola Digital4  
5Kebijakan Publik Global4  
6*Seminar Rencana Penelitian4  
 Atau MBKM   
Total SKS24Total SKS24
Semester 6
NoProgram RegulerSKSProgram InternasionalSKS
 1KKN8Policy Evaluation4
2MK Pilihan4Decision Making Techniques4
3MK Pilihan4Public Sector Ethics and Accountability4
4MK Pilihan4Digital Governance4
5MK Pilihan4Global Public Policy4
6Atau MBKM  Atau MBKM 
     
Total SKS24Total SKS20
Semester 7/8

No

Program RegulerProgram Internasional

SKS

1SkripsiUndergraduate Thesis6
2Mengulang/ MK Pilihan/ MBKMRemedial/ MBKM 
Total SKS6-24
Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Syarat Akademik
  1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif
  2. Kuliah KKN Wajib Bagi Mahasiswa Diploma 4, S1, dan profesi di lingkungan Universitas Gadjah Mada dengan bobot 8 SKS dalam waktu minimum 2 bulan atau setara dengan 288 jam kerja di efektif  lapangan
  3. Telah menempuh kuliah dan praktikum minimum 96 SKS dan tanpa nilai E (Sesuai Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada)
  4. Terdaftar sebagai peserta KKN-PPM di fakultas yang dibuktikan dengan KRS pada semester saat KKN-PPM dilakukan
  5. Menindaklanjuti Surat Edaran Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran , dan Kemahasiswaan Nomor 3889/UN1.P.I/DIR-PP/DI/2020 tentang Pengisian Data SIA Simaster, berikut ini kami sampaikan informasi perubahan sistem KRS untuk kegiatan KKN-PPM UGM, sebagai berikut:
    • KKN untuk periode 1 dicatatkan pada KRS semester genap
    • KKN untuk periode 2 dicatatkan pada KRS antarsemester
    • KKN untuk periode 3 dicatatkan pada KRS semester gasal
    • KKN untuk periode 4 dicatatkan pada KRS semester genap
  6. Tidak sedang mengambil mata kuliah dan praktikum
  7. Bagi mahasiswi, tidak sedang hamil
  8. Verifikasi daftar calon peserta KKN-PPM dilakukan oleh fakultas ke DPkM melalui simaster admin fakultas
  9. Kegiatan KKN-PPM diberikan pengakuan sebesar 8 sks, dengan rincian sebagai berikut:
    • UNU222001 KKN-PPM 4 sks
    • UNU222002 Komunikasi Masyarakat 2 sks
    • UNU222003 Penerapan Teknologi Tepat Guna 2 SKS untuk mahasiswa klaster sainstek dań agro, atau UNU222004 Penerapan Manajemen Pengetahuan 2 SKS untuk mahasiswa klaster sosial humaniora dan kesehatan.

 

Syarat Administrasi
  1. Verifikasi persyaratan akademik dan administratif calon peserta KKN-PPM dilakukan oleh bagian akademik fakultas
  2. Diverifikasi sebagai peserta KKN-PPM oleh Admin Fakultas
  3. Mahasiswa calon peserta KKN-PPM wajib mengikuti pembekalan, general test, dan tes kesehatan KKN-PPM sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
  4. Peserta KKN-PPM adalah peserta yang telah terdaftar di simaster.ugm.ac.id dan mengikuti pembekalan KKN secara penuh, sudah melaksanakan General Test, dan lolos tes kesehatan.

 

Informasi lebih lengkap dapat dilihat di website KKN UGM

Mata Kuliah Pilihan

No

 

SKS

1Isu dan Kebijakan Desentralisasi4
2Tatakelola CSR4
3Kebijakan dan Tatakelola Pariwisata 4
4Ekonomi Informal, UMKM, dan Pembangunan4
5Manajemen Bencana4
6Komunitas ASEAN dan Sektor Publik4
7Manajemen Risiko Sektor Publik4
8Manajemen Aset4
9Manajemen Perubahan Sektor Publik4
10Pembangunan Kelembagaan4
11Gender dan Kebijakan Publik4
12Korupsi dan Anti Korupsi4
13Pemasaran Sektor Publik4
14Kewirausahaan Sosial4
15Komunikasi Kebijakan4

Pemotongan SKS

Template pemotongan SKS:  ugm.id/FORMPEMOTONGANSKS

Email:  akadfisipol@ugm.ac.id

FAQ Pemotongan SKS

Diperbolehkan, namun mahasiswa dapat mempertimbangkan hal berikut: Pemotongan SKS hanya bisa dilaksanakan 1x selama masa studi. Oleh karena itu, apabila mahasiswa melakukan pemotongan SKS setelah kepulangan international exposure, maka mahasiswa tidak bisa melakukan pemotongan SKS di akhir masa studi.

Tidak diperbolehkan. Hanya mata kuliah pilihan yang dapat dilakukan pemotongan SKS, sedangkan mata kuliah wajib menjadi salah satu syarat kelulusan, maka tidak dapat dilakukan pemotongan.

Apabila mata kuliah berbobot 4 SKS, maka mahasiswa hanya bisa melakukan pemotongan sebanyak 2 mata kuliah. Apabila mata kuliah berbobot 3 SKS, maka mahasiswa dapat melakukan pemotongan sebanyak 3 mata kuliah.

Opsi 1:  Apabila hasil nilai konversi failed, maka mahasiswa dapat memilih opsi remedial dengan melakukan pengerjaan paper sesuai dengan mata kuliah di universitas mitra dan dilakukan penilaian ulang. Sesuai dengan Panduan Akademik FISIPOL Program Studi Sarjana Pasal 31 Ayat 5 menyatakan bahwa nilai maksimal untuk hasil remedial adalah C.

Opsi 2:  Mahasiswa melakukan drop mata kuliah sesuai ketentuan dan mengganti kekurangan SKS dengan mengambil mata kuliah pilihan DMKP atau melakukan magang konversi SKS.

Naskah Kurikulum

Program Sarjana

Kompetensi Lulusan dan Karir

Karir

advanced divider

GAMAPI

Keluarga Mahasiswa Manajemen

dan Kebijakan Publik

GAMAPI (Keluarga Mahasiswa Manajemen dan Kebijakan Publik) merupakan organisasi himpunan mahasiswa di DMKP yang beranggotakan mahasiswa program studi S1 MKP. GAMAPI menjadi wadah bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya melalui organisasi yang diakomodasi dalam beberapa divisi antara lain, Human Resource (PSDM) yang mengelola pengembangan dan pengawasan SDM; Divisi Hubungan Masyarakat yang membangun relasi dengan berbagai pihak seperti melakukan kunjungan ke DPR; Divisi Media dan Publikasi yang fokus pada penciptaan dan penyebaran konten kreatif dan pengelolaan media sosial; Divisi Keilmuan yang menggelar kegiatan diskusi dan membuat kajian tulis terkait isu-isu manajemen dan kebijakan publik. Selain itu ada Divisi Sosial Masyarakat yang menjalankan kegiatan sosial seperti pelepasan penyu, pembersihan pantai, mengajar anak-anak SD, dan kunjungan desa; Divisi Ekonomi Kreatif yang menjadi fasilitator dalam menyalurkan minat dan aspirasi di bidang kewirausahaan dan pengelolaan finansial; Divisi Pengembangan dan Pemberdayaan Mahasiswa yang memfasilitasi peningkatan kemampuan anggota melalui berbagai workshop yang sesuai dengan minat mahasiswa dan mengelola kegiatan bersifat meningkatkan hubungan internal sesama mahasiswa DMKP; Divisi Kemahasiswaan yang berfungsi untuk melakukan advokasi kemahasiswaan dalam bentuk penjaringan aspirasi, pencarian solusi, dan pendampingan terhadap permasalahan kemahasiswaan di ruang lingkup DMKP, serta memberikan informasi karir, beasiswa, dan magang. Informasi lebih lengkap dan kegiatan terbaru dapat dilihat di laman GAMAPI.

Reformedia

Merupakan majalah tahunan Gamapi, yang berisikan karya – karya mahasiswa MKP dan kumpulan highlights event Gamapi selama setahun.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Apa Itu MBKM?
  • MBKM adalah Merdeka Belajar Kampus Merdeka. 
  • Sarana pembelajaran inovatif untuk mengembangkan kapasitas, kreativitas maupun kepribadian mahasiswa.
  • Kegiatan MBKM diharapkan mendorong mahasiswa menjadi agile learner dan solusi kebutuhan akan link and match pasca kampus.
  • Fokus pada model pembelajaran student centered learning.
  • Mahasiswa diharapkan mandiri untuk membuat study plan, mengetahui minat serta mencari tempat kegiatan MBKM (diluar mitra yang telah disediakan unit kerja di Fisipol: CDC, UP3M, CHUB).
Tujuan MBKM
  • Mendukung penyediaan fasilitas hak belajar di luar program studi yang tercantum dalam Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15.
  • Mendukung pengembangan ilmu pengetahuan yang berlandaskan experiential based learning bagi mahasiswa.
  • Menghasilkan lulusan yang adaptif dengan dinamika di dunia pekerjaan disertai dengan kemampuan soft skills dan hard skills yang baik sesuai dengan kebutuhan zaman.
  • Membangun ekosistem pengetahuan yang dapat menghubungkan DMKP sebagai institusi pendidikan dengan mitra, industri, masyarakat.
Persyaratan Mengikuti MBKM DMKP
  • Mahasiswa aktif S1 semester 5 hingga semester 7
  • Telah menempuh mata kuliah minimal 96 SKS
Timeline MBKM DMKP
No. Kegiatan Periode
SEMESTER GANJIL

1.

Pendaftaran MBKM:
Magang Mei – Juli
Riset Conditional
IISMA  Maret – April
PMM April – Mei

2.

Seleksi MBKM:
Magang Mei – Juli
IISMA April – Mei
PMM Juni

3.

Pengumuman MBKM:
Magang Mei – Juli
IISMA Mei
PMM Juni

4.

Pencatatan MBKM Juli – Awal Agustus

5.

Pelaksanaan MBKM September – Januari

6.

Pelaporan hasil / Konversi nilai Januari – Februari
SEMESTER GENAP

1.

Pendaftaran MBKM:
Magang November – Desember 
Riset Conditional
Kewirausahaan Sosial Conditional

2.

Seleksi MBKM: Magang November – Desember 

3.

Pengumuman MBKM: Magang November – Desember 

4.

Pencatatan MBKM Januari – Awal Februari

5.

Pelaksanaan MBKM Februari – Juni

6.

Pelaporan hasil / Konversi nilai Juni – Juli

Dokumen Panduan MBKM
Arena MBKM DMKP

1. Magang

  • Magang adalah kegiatan praktek sebagai sarana pengembangan kompetensi dan skill untuk membekali mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja. Inisiasi kegiatan magang oleh Prodi S1 DMKP didasari pada kebutuhan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang dipelajari pada proses perkuliahan di semester 1 sampai 4.
  • Durasi magang: Mahasiswa melakukan magang dengan ketentuan 3 SKS atau 5 jam/minggu (minimal satu bulan) 135 jam = 3 SKS.
  • Output magang: Laporan magang, skripsi karya, artikel jurnal.

Panduan magang DMKP: Booklet Magang-1.pdf

 

2. Riset

  • Arena riset dikembangkan untuk mewadahi mahasiswa yang memiliki ketertarikan melakukan riset, ingin berkarir sebagai peneliti atau akademisi. Arena riset dikelola untuk memberikan ruang kepada mahasiswa agar memiliki keterampilan dan pengalaman serta menyediakan lingkungan yang memadai untuk melakukan aktivitas riset.
  • Syarat tambahan: 
    1. Mengikuti kelas metode riset atau Seminar Rencana Penelitian(SRP) khusus untuk pilihan output skripsi;
    2. Mengikuti klaster riset dosen yang ditawarkan (satu bagian dari SRP); atau
    3. Mendapatkan juara dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
  • Output riset: Laporan penelitian, monograf, book chapter (nasional maupun internasional), artikel jurnal (nasional maupun internasional), skripsi karya

Panduan riset DMKP: Booklet Riset.pdf

 

3. Pertukaran Mahasiswa

  • Arena pertukaran mahasiswa adalah pelaksanaan kegiatan pembelajaran di luar mata kuliah yang diselenggarakan oleh Prodi S1 untuk menunjang Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang tertuang ke dalam struktur kurikulum prodi maupun pengembangan kurikulum. Lingkup pertukaran mahasiswa dapat dilakukan pada level:
    1. Antar prodi di FISIPOL dan UGM (Lintas Jurusan)
    2. Universitas dalam negeri (Pertukaran Mahasiswa Merdeka)
    3. Universitas internasional (Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) atau International Exposure bagi mahasiswa IUP PPM)
  • Output pertukaran mahasiswa: transfer kredit selama satu semester

Panduan pertukaran mahasiswa DMKP: Booklet Pertukaran Mahasiswa-1.pdf

 

4. Kewirausahaan Sosial

  • Arena kewirausahaan sosial wacananya akan diimplementasikan dalam bentuk program inkubasi bisnis sosial yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa mengembangkan inovasi sosial melalui pendekatan social entrepreneurship dan pemanfaatan technopreneur.
  • Ketentuan umum:
    1. Mengambil MK Sociopreneurship di semester 6 sejumlah 3 SKS
    2. Mengikuti rangkaian kelas kewirausahaan sosial dari CHUB
    3. Melakukan konsultasi kepada mentor project bisnis sosial
  • Output kewirausahaan sosial: membuat laporan ide bisnis sosial dan diserahkan kepada Career Development Advisor (CDA) DMKP. 

Panduan kewirausahaan sosial DMKP: Booklet Kewirausahaan Sosial-1.pdf

Contact Us

Email: mbkm-mkp.fisipol@ugm.ac.id (Subject email: Konsultasi_Nama Mahasiswa)

Get To Know MBKM

FAQ

MBKM Magang dan MSIB DMKP

Informasi Umum

Apa perbedaan MSIB dan MBKM Magang Mandiri?

Praktik program MBKM di DMKP, mahasiswa diperbolehkan untuk mengambil kegiatan magang di eksternal (luar lingkungan) UGM. Mahasiswa dapat mengikuti program magang melalui beberapa skema:

 

 MSIBMagang Kerjasama FakultasMagang Mandiri
PengelolaDikelola oleh Kemendikbud RistekCDC FISIPOL
Mitra KerjasamaTersedia beragam lowongan magangTersedia lowongan magang yang terbatasMahasiswa inisiatif secara mandiri mencari mitra magang
PendaftaranDilakukan di website MSIBMelakukan pengumpulan aplikasi ke CDC FISIPOLMahasiswa mendaftar langsung ke mitra/instansi tujuan magang
SeleksiSeleksi dilaksanakan pada tingkat nasional oleh perusahaan mitraSeleksi dilaksanakan oleh CDC FISIPOL di tingkat FakultasMitra magang langsung melakukan seleksi penerimaan
BenefitBBH (Bantuan Biaya Hidup), mobilisasi/travel, mentorshipPersaingan hanya di level fakultas, asuransi kesehatan*Fleksibilitas dalam menentukan lokasi magang
Konversi20 SKS20 SKS20 SKS

 

(*) Mitra tertentu

Siapa yang memiliki kualifikasi untuk mendaftar MBKM Magang Mandiri dan/atau MSIB?

Mahasiswa S1 DMKP minimal semester 5 dan telah menempuh minimal 96 SKS

Apakah magang mandiri dan/atau MSIB hanya terbatas pada institusi pemerintah?

Mahasiswa dapat melaksanakan magang mandiri dan/atau MSIB pada berbagai sektor, mulai dari instansi pemerintah, NGO, hingga swasta. Berikut gambaran persebaran mahasiswa magang DMKP pada tahun 2022 dan 2023:

Magang Mandiri

Kapan mulai pendaftaran Magang Mandiri?

Mahasiswa dapat mulai melakukan pendaftaran magang mandiri ke mitra magang secara langsung pada:

  • Semester Gasal: Mei – Juli
  • Semester Genap: Desember – Januari
Bagaimana mekanisme pendaftaran Magang Mandiri?
  1. Mahasiswa mencari informasi pendaftaran di instansi tujuan
  2. Mencari detail informasi ke instansi tujuan mengenai durasi magang, tupoksi magang, mekanisme pendaftaran, dan persyaratan administrasi yang dibutuhkan
  3. Mengkonsultasikan terkait pendaftaran dan ketentuan konversi SKS kepada Tim MBKM DMKP melalui google chat atau email
  4. (Apabila diperlukan) Mengajukan surat rekomendasi magang melalui email MBKM DMKP dengan menyertakan informasi berikut: 
    • Nama dan NIM
    • Instansi tempat magang
    • Alamat
    • Surat ditujukan kepada siapa
    • Durasi magang (mulai tanggal berapa hingga tanggal berapa)
    • Posisi Magang
    • Konversi/Tidak Konversi
  5. Mendaftar ke instansi tujuan dengan menyertakan persyaratan yang dibutuhkan
  6. Apabila sudah diterima, maka dilanjutkan dengan Pra-KRS
Apa saja persyaratan administrasi pendaftaran Magang Mandiri?
  • Surat rekomendasi/pengantar magang
  • Proposal magang
  • Transkrip nilai

Magang Kerjasama FISIPOL

Kapan mulai pendaftaran Magang Kerjasama FISIPOL

Silahkan memantau akun instagram CDC FISIPOL: https://www.instagram.com/cdcfisipolugm?igsh=bnptMDVseGllOXA=

Bagaimana mekanisme pendaftaran Kerjasama FISIPOL?

Silahkan memantau akun instagram CDC FISIPOL: https://www.instagram.com/cdcfisipolugm?igsh=bnptMDVseGllOXA=

MSIB

Kapan mulai pendaftaran MSIB?

Mahasiswa dapat mulai melakukan pendaftaran MSIB melalui website MSIB (https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/)  secara langsung pada:

  • Semester Gasal: Juni – Juli
  • Semester Genap: November – Desember
Bagaimana mekanisme pendaftaran MSIB?
Apa saja persyaratan administrasi pendaftaran MSIB?
  • Scan / Foto KTP
  • Scan / Foto BPJS atau asuransi kesehatan lainnya
  • CV
  • Transkrip Nilai
  • Sertifikat Pengalaman Organisasi

Konversi dan Pencatatan Pra-KRS

Bagaimana melakukan penghitungan konversi magang?
Durasi MagangJumlah Jam
1 hari8 jam
1 minggu (5 hari)40 jam
1 bulan (4 minggu)160 jam
6 bulan (24 minggu)960 jam

 

Ketentuan Konversi:  1 SKS = 45 jam

Mekanisme Konversi:  Jumlah total jam magang/ 45 jam

 

Contoh kasus 5 bulan magang:

160 jam x 5 = 800 jam / 45 jam = 17,77 → Dibulatkan menjadi 18 SKS.

Apa itu pencatatan Pra-KRS?

Pencatatan Pra-KRS merupakan proses mencatatkan rencana konversi mata kuliah mahasiswa ke dalam sistem KRS Simaster. Proses pencatatan Pra-KRS wajib dilaksanakan apabila mahasiswa ingin melakukan konversi magang, karena mata kuliah konversi perlu dimasukkan ke simaster sebelum memasukkan nilai hasil konversi di akhir.

Bagaimana mekanisme pencatatan Pra-KRS?
  1. Pastikan mahasiswa telah dinyatakan diterima di instansi magang
  2. Membuat proposal dan melengkapi surat izin kaprodi yang dapat diunduh pada pranala berikut: Persyaratan Pra-KRS
  3. Mengirimkan proposal dan surat izin kaprodi kepada tim MBKM DMKP melalui email
  4. Tim MBKM DMKP akan melakukan review proposal. 
    • Apabila dibutuhkan revisi, maka akan dikembalikan kepada mahasiswa untuk direvisi
    • Apabila sudah sesuai, maka Tim MBKM DMKP akan memproses surat izin kaprodi
  5. Surat izin kaprodi yang telah diproses akan dikirimkan kembali ke mahasiswa
  6. Mahasiswa dapat melanjutkan dengan melakukan Pra KRS di simaster. Catatan: Surat izin kaprodi dilampirkan pada bagian “Izin Pembimbing” dan Proposal dilampirkan pada bagian “Proposal”
  7. Klik simpan dan pastikan sudah mengunci pengajuan agar tercatat di sistem simaster
Apa saja persyaratan administrasi pencatatan Pra-KRS?
  • Proposal
  • Surat izin kaprodi
  • Surat keterangan diterima magang dari instansi magang
Apa output dari MBKM Magang Mandiri dan MSIB?

Magang Mandiri / Magang Kerjasama FISIPOL

MSIB

Progress report (pengganti UTS)

Laporan Bulanan

Final report (pengganti UAS)

Laporan Akhir

Logbook

Progress report (pengganti UTS)

 

Final report (pengganti UAS)

 

Logbook

 

Bagaimana proses penulisan laporan magang?

Proses penulisan laporan magang (progress report dan final report) dapat dicermati pada pranala berikut: Sosialisasi Teknis dan Penilaian MSIB Sem Genap 2023/2024

Bagaimana mekanisme pengumpulan laporan magang?
  • Dikirimkan melalui email MBKM MKP dengan subjek “Progress report/Final report_Nama Lengkap”
  • Dikirimkan sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan

Magang Internal

Apa itu magang internal?

Prodi S1 Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik memfasilitasi mahasiswa aktif S1 baik regueler maupun internasional untuk mengembangkan bakat dan minat akademik dan non akademik melalui program magang internal. Program magang ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk saling berinteraksi langsung dengan dosen, peneliti, tenaga kependidikan, dan mahasiswa aktif dari berbagai angkatan. Program kerja yang didesain dalam magang internal ini memungkinkan mahasiswa untuk menjalin komunikasi dan membangun koneksi dengan alumni-alumni DMKP dan Fisipol UGM secara umum.

Program magang internal Prodi S1 memiliki tiga program utama yang dikerjakan secara bergantian mahasiswa magang, yaitu:

Riset, Konten Media, dan Manajerial

Program Kerja Riset

Pada program kerja riset, mahasiswa magang akan didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, menganalisis isu-isu terkini, dan menilai urgensi dari suatu permasalahan. Mahasiswa akan diberikan kebebasan untuk menentukan topik  dan keluaran penelitian, sesuai dengan kesepakatan tim.

Program Kerja Konten Media

Kemudian pada program kerja konten media, mahasiswa akan dibekali dengan kemampuan mengembangkan ide dan berpikir kreatif, menjalin komunikasi dan kerjasama dengan banyak pihak, hingga kemampuan dasar copywriting. Luaran utama konten-konten media antara lain #gettoknow Alumni, #gettoknow Dosen, #gettoknow Mata Kuliah, dan konten menarik lainnya.

Program Kerja Manajerial

Program kerja manajerial merupakan pogram kerja gabungan antara Prodi S1 dengan Tim Pembelajaran Jarak Jauh Departemen MKP, dimana mahasiswa akan berperan aktif membantu dan mengatur jalannya proses perkuliahan hybrid learning di Prodi S1.

Periode Magang:

Program magang internal Prodi S1 dibuka dua kali dalam setahun, setiap awal semester ganjil (Juni) dan genap (Januari). Program magang dilaksanakan dalam rentang waktu satu sampai tiga bulan, atau sesuai kesepakatan mahasiswa dan pembina magang.

Get To Know

Kegiatan Syarat Kelulusan S1

Skor minimal yang harus dikumpulkan

Angkatan

2022

dan Baru

0

Angkatan

2021

0

Angkatan

2020

0

Angkatan

2019

0
Dokumen Pendukung

Bentuk dokumen untuk pelaporan kegiatan yang berlaku:
1. CV terbaru yang memuat kegiatan yang diajukan
2. Sertifikat kegiatan yang sah
3. Bukti foto atau dokumen pendukung lain yang dirasa perlu, seperti: poster kegiatan, proceeding paper, soft copy atau DOI dari artikel yang diterbitkan.

Jika Mahasiswa tidak dapat menunjukkan sertifikat dikarenakan alasan tertentu, dapat melapor pada Admin Prodi masing-masing.
S1 Reguler: +628157950986 (Mbak Yuli)
S1 IUP: +6281325115665 (Mbak Iik)

INTERNATIONAL EXPOSURE PROGRAM

ABOUT
International Undergraduate Program in Public Policy and Management UGM


According to the mandate of Curriculum 2022, an international exposure program is compulsory for students taking the International Undergraduate Program (IUP). Students must complete some credits from international partner universities for one semester into two semesters with several schemes, as following:

 

Student Exchange

One semester up to one-year study in a partner university, with credits transferable. The tuition fee is waived. More detailed information regarding the steps of nomination is provided in the SOP Student Exchange.pdf

Students are allowed to apply to the student exchange program through university cooperation (OIA). For more detailed information related to the partner universities, please kindly check: Data Kerja Sama UGM Aktif.xlsx (MoA SEA Sheet)

TIMELINE
TIMELINE OF INTERNATIONAL EXPOSURE
No.ActivitiesSchedule
1Document submission for int. exposureMid December – Mid January
2Internal Selection Interview IEEarly February
3Interview Result AnnouncementMid-February
FALL SEMESTER (5th SEMESTER)

 

 

 

4

Start of nomination IE Fall SemesterFebruary – March
Application Period IE Fall SemesterMarch – May
Fall Semester DepartureAugust / September
Grade Conversion Period Fall SemesterJanuary – February
SPRING SEMESTER (6th SEMESTER)

 

 

 

5

Start of nomination IE Spring SemesterAugust – October
Application Period IE Spring SemesterAugust – October
Spring Semester DepartureDecember / January
Grade Conversion Period Spring SemesterJuly – August

PARTNER UNIVERSITIES OF DEPARTMENT

advanced divider

PARTNER UNIVERSITIES OF
OFFICE OF INTERNATIONAL AFFAIRS (OIA) UGM

advanced divider

Akreditasi

Universitas Gadjah Mada 

Terakreditasi Unggul oleh BAN-PT hingga 28 Desember 2027.

Program Sarjana (S1)

Terakreditasi A oleh BAN-PT hingga 20 September 2025.

akreditasi-s1

Program Magister (S2)

Terakreditasi A oleh BAN-PT hingga 13 Maret 2026.

akreditasi-s2

Program Doktor (S3)

Terakreditasi A oleh BAN-PT hingga 8 November 2025.

akreditasi-s3