Kunjungan Siswa Vooya Jakarta ke DMKP UGM: Campus Visit and Academic Writing Workshop

advanced divider

Yogyakarta, 30 Mei 2024 – Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik menerima kunjungan siswa dari Vooya Jakarta dalam rangka Campus Visit and Academic Writing Workshop. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 13.00 hingga 16.00 di ruang BA 209 ini, menghadirkan berbagai sesi informatif yang memberikan wawasan mengenai program studi S1 di DMKP dan keterampilan menulis ilmiah.

Acara dibuka dengan paparan dari Ketua Program Studi S1 Dr. Gabriel Lele mengenai International Undergraduate Program (IUP) Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP). Dr. Gabriel menjelaskan secara rinci mengenai apa itu IUP, jadwal pendaftaran, biaya yang diperlukan, serta sesi tanya jawab yang interaktif.

Selanjutnya, Nurul Fajri Aqilah sebagai ketua Keluarga Mahasiswa Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik (GAMAPI) turut berbagi informasi tentang organisasi mahasiswa di UGM. Dalam sesinya, Nurul menjelaskan perbedaan mendasar antara kegiatan organisasi di tingkat SMA dan di perguruan tinggi.

Acara dilanjutkan dengan workshop penulisan akademik yang dipandu oleh Dr. Erda Rindrasih. Workshop ini dimulai dengan latihan menulis autobiografi selama 15 menit tentang bayangan ingin menjadi apa di masa depan nanti. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai berbagai aspek penting dalam penulisan akademik. Dr. Erda memaparkan topik-topik seperti definisi dan jenis-jenis penulisan akademik, karakteristik penulisan akademik, serta proses penelitian yang harus dilalui.

Dr. Erda menjelaskan struktur artikel akademik yang terdiri dari pendahuluan, metode, hasil, dan diskusi atau kesimpulan. “Penulisan akademik memiliki struktur yang jelas dan logis, seperti paragraf yang disusun layaknya hamburger,” ujar Dr. Erda. Ia juga menekankan pentingnya membaca sebagai dasar untuk menulis. “Untuk dapat menulis dengan baik, Anda perlu membaca banyak. Tulisan Anda mencerminkan apa yang Anda serap. Membaca bacaan yang positif akan menghasilkan tulisan yang positif,” tambahnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi siswa dari Vooya Jakarta untuk lebih mengenal kegiatan perkuliahan dan dapat menginspirasi para siswa untuk melanjutkan pendidikan mereka di UGM dan menjadi bagian dari komunitas akademik yang dinamis dan inovatif.

advanced divider