Kuliah Umum Tantangan Kepemimpinan di Era Pembangunan Infrastruktur

advanced divider

Pembangunan infrastruktur yang tergolong masif di Indonesia membawa tantangan tersendiri bagi seluruh elemen negara. Tantangan tersebut tidak hanya dari segi teknis ataupun finansial saja, tetapi kepemimpinan juga menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan pembangunan infrastruktur. Mengelola pembangunan infrastruktur di Indonesia tentu memerlukan jiwa kepemimpinan yang tangguh. Mengingat pembangunan infrastruktur di Indonesia juga belum merata.

Presiden Komisaris PT PP Persero(Tbk), Andi Gani Nena Wea pada Senin, 4 Maret 2019 menyampaikan bahwa infrastruktur sangatlah penting bagi bangsa Indonesia. Ia juga menekankan bahwa kepemimpinan yang cocok untuk pembangunan infrastruktur Indonesia adalah pemimpin yang berani mengambil resiko dan pemimpin yang mau terjun langsung ke masyarakat. “Semua masyarakat berhak mendapat keadilan dalam hal pembangunan infrastruktur. Pemimpin yang dibutuhkan Indonesia adalah pemimpin yang berani mengambil resiko dan yang mau terjun langsung ke masyarakat merasakan apa yang dirasakan masyarakat.”

Andi juga mendorong mahasiswa untuk tidak hanya belajar di kelas saja. Mahasiswa menurutnya perlu terjun langsung ke masyarakat untuk memahami masyarakat dan menambah pengalaman. Karena menurutnya mahasiswa adalah pilar kepemimpinan bangsa di masa depan.

advanced divider