Program Doktoral/ S3

Manajemen dan Kebijakan Publik

Kurikulum

Fokus Studi

Prodi S3 MKP menetapkan arah kajian keilmuan yang dapat menjadi pedoman mahasiswa untuk menentukan topik disertasinya, namun hal ini tidak menutup kemungkinan untuk mengeksplorasi aspek keilmuan lainnya senyampang sesuai dengan 3 fokus studi yakni manajemen publik, kebijakan publik, dan publicness/kepublikan. Secara garis besar  arah kajian keilmuan Prodi S3 MKP sebagai berikut:

Kebijakan Publik

Manajemen Publik

Publicness/Kepublikan

  1. Policy Innovation dan Innovation Policy
  2. Policy Change
  3. Policy Termination
  4. Policy Conflict
  5. Komunikasi Kebijakan
  6. Kebijakan Energi dan Lingkungan
  7. Kebijakan Desentralisasi
  8. Kebijakan Pendidikan
  9. Kebijakan Sosial dan Ketenagakerjaan
  10. Kebijakan Pariwisata
  11. Kebijakan Fiskal
  12. Kebijakan Pengarusutamaan Gender dan Kesehatan
  13. Kebijakan Inklusi
  14. Formulasi Kebijakan
  1. Manajemen Sumber Daya Manusia
  2. Marketing in Public Sector
  3. Manajemen Inovasi dan Kepemimpinan Inovasi
  4. Manajemen Pelayanan Publik
  5. Public Governance (Public-Private Partnership dan Collaborative Governance)
  6. Manajemen dan Resolusi Konflik
  7. Manajemen Strategis untuk Sektor Publik
  8. Digital Governance
  9. Manajemen Kebencanaan 
  10. Manajemen Birokrasi
  11. Manajemen Kelembagaan
  12. Kepemimpinan Sektor Publik. 
  1. Public Interest
  2. Public Affairs
  3. Public Welfare
  4. Public Outcome
  5. Public Goods
  6. Public Value
  7. Public Issues

Mata Kuliah

advanced divider

Matrikulasi

Mengingat adanya pertimbangan profil mahasiswa yang beragam, prodi menyelenggarakan wajib program matrikulasi selama satu bulan untuk memberikan pemahaman awal terkait teori-teori dasar ilmu administrasi publik dan teknik penelitian dasar.

Semester 1

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman teoritik pada para mahasiswa dalam kaitannya dengan ontologi, epistemologi, dan aksiologi dari studi Ilmu Administrasi Negara.

SPMK2410101

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk mendalami prinsip-prinsip dasar dan praktek penelitian kualitatif dan kuantitatif yang pernah diperoleh pada saat mereka kuliah di S1 dan S2. Mahasiswa akan belajar bagaimana menentukan fokus penelitian berbasis pemaknaan terhadap realitas empiris yang relevan dengan bidang manajemen dan kebijakan publik, sekaligus yang potensial untuk mengisi knowledge gap. Karena itu, kemampuan mahasiswa untuk secara literatif membangun keterkaitan antara realitas empiris yang dikajinya dan teori-teori yang relevan akan diasah melalui kegiatan pembelajaran pada mata kuliah ini.

SPMK2410102

Teori manajemen publik adalah suatu studi interdisipliner dari aspek-aspek umum organisasi, dan merupakan gabungan antara fungsi manajemen seperti planning, organizing dan controlling satu sisi, dengan SDM, keuangan, fisik, informasi dan politik. Mata kuliah ini membantu mahasiswa dalam memahami konsep atau pendekatan yang menjelaskan kegiatan-kegiatan manajerial yang berlangsung di organisasi sektor publik dan pelayanan publik.

SPMK2410103

Mata kuliah ini dibagi menjadi tiga pokok Bahasan mata kuliah yakni mencakup tinjauan umum kebijakan publik, Para aktor dalam agenda kebijakan; Prinsip dan kriteria dalam perumusan kebijakan; dan Pemetaan dan pengaruh stakeholders.

SPMK2410104

Semester 2-3

Semester 4-5

Semester 4-6

SPMK2410204

Accepted jurnal minimal SINTA 2 atau internasional bereputasi.

SPMK2410205

Sistem dan Pelaksanaan Pembelajaran

Proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran di Prodi S3 MKP menggunakan sistem semester. Pada sistem ini melibatkan pembelajaran secara verbal, kontekstual, dan analitis selama 6 semester. Kegiatan kuliah di kelas memakai metode tutorial dan metode penugasan, sedangkan kegiatan penyusunan proposal penelitian menggunakan metode independent study, dimana mahasiswa dapat belajar secara mandiri dengan menekankan keaktifan dalam diskusi kelas untuk percepatan proposal disertasi. 

Dalam rangka percepatan studi, Prodi S3 MKP membentuk tim mentorship yang bertugas untuk memberikan pendampingan dan pemantauan proses penulisan disertasi. Latar belakang mentor yakni dosen muda atau mahasiswa S3 yang berprestasi atau mahasiswa S2 yang baru lulus. 

Pembelajaran di Prodi S3 MKP menerapkan beberapa model pembelajaran seperti : 

untuk menciptakan iklim akademik yang kondusif dan mendorong untuk mengartikulasikan ide-ide peserta kuliah di kelas serta saling berkolaborasi dalam memecahkan suatu persoalan atau isu yang menjadi penugasan perkuliahan. Dalam model collaborative learning, mahasiswa diberikan kesempatan untuk berbicara, bertukar ide yang berbeda dan mempertanyakan gagasan peserta kelas lainnya secara konseptual dan empiris. Alhasil, model pembelajaran tersebut menghasilkan mahasiswa dengan kemampuan analisis yang kuat dan mendalam. Selain itu, model kolaborasi dilakukan dengan kegiatan sharing session bersama dosen atau mahasiswa, juga lintas prodi untuk mempererat kerja sama dalam lingkungan akademik.

memandang pembelajaran secara mandiri lebih baik dibandingkan pembelajaran di dalam kelas. Model ini menyarankan mahasiswa melihat materi kuliah yang diberitahukan sebelum kelas dimulai. Pada saat perkuliahan berlangsung di kelas, kuliah lebih banyak diisi oleh kegiatan-kegiatan diskusi dua arah. Dengan pendekatan ini, mahasiswa telah memahami materi ajar sebelum kelas dimulai, sehingga pengajar dapat lebih banyak menggali pemahaman mahasiswa dan membantu terkait aspek-aspek apa saja yang mereka belum pahami dengan baik, terutama dapat direlevansikan dengan penelitian disertasi mahasiswa. 

yakni menghadirkan kuliah dalam bentuk workshop selain perkuliahan konvensional di kelas. Model ini menekankan pada pencapaian keahlian dan kompetensi mahasiswa untuk mendorong kebaruan (novelty) serta menguasai berbagai metode penelitian dalam bidang manajemen dan kebijakan publik. Beberapa workshop yang telah diadakan, misalnya pelatihan analisis big data, pelatihan SPSS atau STATA, NVivo, penulisan artikel, pelatihan metode Systematic Literature Review, dan bootcamp kepenulisan. 

adalah model pembelajaran yang berorientasi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian ilmiah. Lulusan Prodi S3 MKP diwajibkan untuk mengenali dan menerapkan berbagai metode penelitian guna menganalisis masalah di lingkungan sekitar sehingga dapat memunculkan kebaruan (novelty). Oleh karena itu, skema pembelajaran dengan model research-based learning dilakukan dengan membekali mahasiswa menggunakan alat dan metodologi tertentu atau terkini sesuai dengan minat dan fokus penelitian disertasi.

Pengajar dan Pakar

NoNama DosenExpertise
1Prof. Dr. Agus Pramusinto, MDA.Public Sector Reform,  Local Government, Decentralization
2Prof. Dr. Wahyudi Kumorotomo, MPP.Public Budgeting,  Public Finance, Public Policy, Higher Educational Studies
3Prof. Dr. Torontuan Keban Yeremias, MURP.Public management, Human resources development, Strategic planning & management
4Prof. Dr. Erwan Agus Purwanto, M.Si.Policy innovation, Policy Formulation, Bureaucratic Reform
5Prof. Dr. Muhadjir M. Darwin, MPA. Corporate Social Responsibility, Population Studies, Gender Studies
6Prof. Dr. Agus Heruanto Hadna, M.Si.Corporate Social Responsibility, Policy Analysis, Public Service, Leadership
7Dr. Suripto, MPA.Public Private Partnership, Public Management, Education Policy, Public Finance.
8Dr. Gabriel Lele, M.Si.Corruption and Anti Corruption, Policy Making Process, Conflict Management.
9Dr. Bevaola Kusumasari,  M.Si.Disaster Management, Disaster Communication, Disaster Mitigation, Public Policy and Big Data.
10Dr. Subando Agus Margono,  M.Si.Public Organization, Public Governance, Citizenship.
11Dr. AG. Subarsono,  M.Si., M.A.Regional Development, Decentralization.
12Dr. Ambar Teguh Sulistiyani,  M.Si.Human Resource Management, Environmental management, Community Empowerment.
13Dr. Ambar Widaningrum,  M.A.Tourism Governance, Public Services, Gender Studies, Social Policies.
14Dr. Ario Wicaksono,  M.Si.Public sector organization reform, Policy transfer and learning, Policy entrepreneurship and innovation, Knowledge, evidence and politics in policy process
15Dr. Puguh Prasetya Utomo, MPA.Scenario-based strategic planning, Policy/program evaluation, Qualitative comparative analysis (QCA).
16Dr. Ely Susanto, MBA.Human Resource Management, Public Administration Behaviour, Organizational Behaviour.
17Dr. Erda Rindrasih, MURP.Geography-Regional Development, Urban and Regional Planning, Tourism and International Development.
18Dr. Indri Dwi Apriliyanti, MBA.Corporate political activity, Political ties and business strategy, Bibliometric analysis (systematic literature review).
19Dr. Media Wahyudi Askar, M.Sc.Econometrics for Policy Evaluation, Financial Development, Poverty and Inequality, Fiscal Justice, Microfinance.
20Dr. Muchtar Habibi, MA.Labour Policy, Agricultural Policy, Political economy of development (rural and urban issues).
21Dr. Nunuk Dwi Retnandari, M. Si. Economy, Strategic Management.
22Dr. Nurhadi Susanto, M.Hum.Environmental Policy, Development Planning, Performance Indicator and Government Business Process.
23Dr. Ratminto, M.Pol.Admin.Public sector reform, Service management, Human resources management.
24Dr. Samodra Wibawa, M.Sc.Public policy, Local government, Administrative reform.
25Dr. Yuyun Purbokusumo, M.Si.Public Sector Innovation, Bureaucratic Reform, Agricultural Policy, E-Governance, Smart City.
26Dr. Yuli Isnadi, MPA.Internet Politics, Political Economy of Development (Polanyian Perspective).