Overview Program Sarjana

Sejarah dan Visi

Program Studi S1 (Prodi S1) Jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP) berdiri sejak tahun 1957 dengan nama Jurusan Ilmu Administrasi Negara (JIAN). JMKP merupakan lembaga pendidikan administrasi publik tertua di Indonesia. Sejak tahun 2010, JIAN berubah nama menjadi JMKP sebagai konsekuensi dinamika perkembangan Ilmu Administrasi Negara, serta untuk memperluas ruang gerak alumni.

JMKP sesuai dengan nilai kejuangannya, Strengthening Public Governance, secara khusus hadir dengan komitmen berkelanjutan untuk memperkuat tata kelola sektor publik yang demokratis melalui jalur pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Akreditasi

AUN LogoProdi S1 MKP terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Di level internasional, prodi S1 MKP merupakan prodi S1 Administrasi Publik pertama yang terakreditasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) pada tahun 2014. Proses akreditasi AUN QA dilakukan oleh AUN bekerjasama dengan German Academic Exchange Service (DAAD) dan University of Potsdam. 

 

Struktur Program

Lulusan prodi S1 MKP bergelar Sarjana Ilmu Politik (S.I.P).  Mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan 147 sks dalam waktu 3,5 hingga 4 tahun masa kuliah termasuk penulisan tugas akhir (skripsi).  

Program Unggulan

skkuSebagai bagian dari program internasionalisasi, prodi S1 MKP memberikan kesempatan pada mahasiswa tingkat lanjut untuk mengikuti kelas e-lecture berbahasa Inggris yang dilakukan bersama Sunkyunkwan University di Korea Selatan. Dalam kuliah tersebut, mahasiswa MKP mempresentasikan studi kasus di Indonesia dan bertukar pengalaman dengan mahasiswa di Korea Selatan. Beberapa mahasiswa yang tergabung dalam mata kuliah tersebut kemudian diberikan kesempatan untuk belajar langsung dalam kunjungan belajar di Korea Selatan. Mata kuliah e-lecture yang diajarkan antara lain comparative local governance, e-governance dan human reseource management. Selain itu, ditawarkan kelas immersion yang diajarkan sepenuhnya dengan bahasa inggris seperti corruption and anti corruption dan international institution.