Pengantar Ketua Jurusan

Selamat datang di website resmi Jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik (JMKP), Universitas Gadjah Mada! Website ini merupakan upaya diseminasi informasi JMKP kepada khalayak, di dalam dan di luar kampus maupun komunitas yang lebih luas yang membutuhkan informasi tentang JMKP.

Dr. Ambar Widaningrum, MAUntuk menjawab perkembangan keilmuan, Jurusan Ilmu Administrasi Negara (JIAN) pada tahun 2010 telah bertransformasi menjadi JMKP. Perubahan nama tersebut tidak merubah reputasi JMKP sebagai salah satu institusi terdepan di Indonesia dalam pengembangan ilmu Administrasi Publik. Dalam hal pengajaran, seluruh program studi baik sarjana (S1) maupun pascasarjana (S2 dan S3) MKP telah terakreditasi A. Khusus untuk program sarjana, program studi S1 MKP merupakan jurusan di bidang administrasi publik pertama di Indonesia yang telah memenuhi standar internasional ASEAN University Network (AUN).

Dari segi sumber daya manusia, JMKP diperkuat oleh staf pengajar dan peneliti yang berpengalaman. Staf JMKP telah lama berkiprah di tingkat nasional hingga internasional dan menjadi rujukan di bidangnya. JMKP saat ini memiliki 7 profesor, 9 doktor, 3 kandidat doktor dan 8 master lulusan perguruan tinggi ternama di luar dan dalam negeri.

Pencapaian JMKP didukung oleh sumber daya manusia yang handal dan komitmen pengembangan kurikulum untuk menjawab tuntutan perkembangan ilmu dan kebutuhan pasar kerja. JMKP hingga saat ini memiliki ribuan alumni yang tersebar di berbagai sektor, mulai dari publik, privat hingga organisasi non-pemerintah (NGO). Relasi dengan alumni terus dikelola melalui tracer studies untuk pengembangan kurikulum, seminar pengembangan karier yang dipaparkan oleh alumni JIAN, diseminasi informasi peluang kerja serta temu alumni.

JMKP di usianya yang hampir memasuki enam dasawarsa tetap mengarah pada tujuan peningkatan kapasitas tata kelola sektor publik dengan visinya ‘strengthening public governance’. Visi ini diterjemahkan melalui inovasi kegiatan pengajaran pada level sarjana dan pascasarjana serta program riset, pelatihan dan pendampingan untuk sektor publik yang dikelola oleh unit riset JMKP yakni REFORMA (Center for Policy and Management Studies).

Melalui media ini, JMKP mengundang khalayak untuk berkunjung secara virtual menjelajahi kajian-kajian kami dan merekatkan jaringan. Kami berharap, kehadiran website ini dapat memberikan manfaat pada kita semua. Khusus bagi mahasiswa, kehadiran website ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas pelayanan akademik. Fitur -fitur baru yang kami sertakan diantaranya database email mahasiswa, informasi beasiswa dan peluang kerja dan akses untuk knowledge note hasil riset JMKP.


Salam hangat,

Prof. Dr. Agus Pramusinto, MDA.

Ketua Jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik UGM