Fasilitas

Gedung Fakultas
Fisipol memiliki 3 area gedung yaitu area utama yang terletak di Kampus Bulaksumur, area kedua terletak di Kampus Sekip, dan gedung PAU yang terletak di sebelah barat laut komplek universitas. Total luas ketiga area gedung tersebut adalah 22.104 m2 meliputi Bulaksumr 12.353 m2, Sekip 5400 m2, dan PAU 4251 m2.
Kampus Sekip memiliki fasilitas berupa beberapa ruang kelas, laboratorium, ruang pertemuan, 2 kantor jurusan (MKP dan PSdK), dan gedung perkuliahan Master Administrasi Publik (MAP). Gedung PAU memiliki fasilitas ruang pertemuan dan perpustakaan, sedangkan Kampus Bulaksumur terdiri atas beberapa kelas, 4 kantor jurusan (HI, Komunikasi, Sosilologi, dan Jurusan Politik Pemerintahan), ruang staf pendukung, ruang pelayanan mahasiswa, pusat administrasi untuk program pascasarjana, ruang multimedia, ruang seminar, ruang pertemuan, ruang presentasi, kantin, dan plaza. Untuk saat ini, hampir seluruh aktivitas perkuliahan diadakan di Bulaksumur dimana tersedia 36 ruang kelas. Kapasitas ruang kelas dibagi menjadi dua, yakni untuk 25-40 kursi dan 75-90 kursi. Setiap ruang kelas juga dilengkapi dengan LCD, PC, koneksi LAN, white board, sound system, unit telfon antar bagian, dan AC.

Perpustakaan

   

Untuk menunjang proses belajar dan mengajar, civitas akademik FISIPOL dapat memanfaatkan berbagai fasilitas perpustakaan yang tersedia baik dari level universitas fakultas, maupun departemen. Pada level universitas, UGM memiliki perpustakaan pusat yang dapat diakses oleh seluruh civitas akademika UGM. Selain itu, Fakultas juga memiliki perpustakaan tersendiri yang lebih spesifik menyediakan referensi terkait ilmu sosial dan politik.

Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik terletak pada lantai 2 gedung perpustakaan pusat Bulaksumur. Dengan demikian mampu mempermudah akses mahasiswa terhadap fasilitas tersebut. Perpustakaan FISIPOL menyediakan ruang membaca dan ruang referensi, dan memiliki koleksi lengkap yang meliputi buku cetak dan elektronik.

 

Perpustakaan FISIPOL dibuka pada hari Senin hingga Jumat pada pukul 08.00 - 16.00 WIB. Pada hari Sabtu perpustakaan dibuka pada pukul 08.00 - 12.00 WIB. Mahasiswa juga dapat mengunakan fasilitas perpustakaan pusat, dan berbagai perpustakaan pusat studi yang berada di dalam gedung tersebut. Mahasiswa juga mampu mengakses koleksi perpustakaan melalui website http://lib.ugm.ac.id dan http://pusfisip.ugm.ac.id.

Pada tahun 2016, bekerja sama dengan Bank Mandiri FISIPOL mendirikan pepustakaan baru, yaitu FISIPOL Digital Library, yang terletak di kompleks gedung FISIPOL.Selain perpustakaan level universitas dan fakultas, DPPM juga memiliki perpustakaan di bawah pengelolaan departemen untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar.

Ruang Multimedia
Pada tahun 2006, Fakultas mendirikan ruang multimedia untuk kegiatan pembelajaran yang interaktif. Ruangan ini sangat esensial untuk movie screening, presentasi, dan video conference berbasis sistem real time-online. Ruangan ini juga dilengkapi LAN dengan kecepatan 2 Mbps. JMKP telah mengadakan program e-lecture dengan Sunkyunkwan University di Korea pada semester pertama tahun ajaran 2011/2012. Program e-lecture terdiri atas dua macam yakni aktivitas off-line dan online. Saat aktivitas online, mahasiswa UGM mempresentasikan isu-isu yang berkembang di Indonesia dan mahasiswa dari Korea mempresentasikan isu-isu yang berkembang di Korea.

Standar Keamanan dan Situasi Darurat
Gedung di Bulaksumur didesain menjadi komplek modern untuk aktivitas perkuliahan yang memiliki basis standar keamanan seperti terdapatnyua prosedur evakuasi darurat. Sistem automatic elide fire terdapat di setiap ruangan dan fire hydrant juga tersedia di setiap lantai.