Overview S3

Program studi pascasarjana Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP) UGM pada 2010 mendeklarasikan diri sebagai hasil transformasi dari Jurusan Ilmu Administrasi Negara (JIAN) UGM. Prodi ini menetapkan fokus studinya pada kebijakan dan manajemen publik terutama terkait dengan dimensi kelembagaan, proses, dan nilai dalam merespon public affairs dan public interests.

 

Visi Prodi S3 MKP

“Menjadi Prodi S3 terbaik di Indonesia dan dikenal secara internasional di bidang manajemen dan kebijakan publik pada tahun 2032.”

 

Misi Prodi S3 MKP

  1. Untuk mewujudkan Visi tersebut maka Prodi S3 MKP juga menetapkan Misi sebagai berikut:
  2. Mendidik mahasiswa menjadi insan inovatif di bidang manajemen dan kebijakan publik yang menjunjung tinggi etika, kejujuran, dan kebebasan akademik.
  3. Mengembangkan penelitian inovatif di bidang manajemen dan kebijakan publik, yang sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu dan tuntutan publik.
  4. Melakukan pengabdian masyarakat yang relevan dengan dinamikakepentingan masyarakat dan negara.

 

Tujuan Prodi S3 MKP

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kepekaan dan kecakapan dalam merespons perkembangan dinamika ilmu pengetahuan khususnya di bidang manajemen dan kebijakan publik dan teknologi sehingga berdaya saing nasional dan internasional.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan prinsip – prinsip manajemen dan instrumen kebijakan publik dalam upaya mengatasi persoalan publik.
  3. Menghasilkan penelitian di bidang manajemen dan kebijakan publik yang mempunyai kandungan substansi berkualitas sehingga bermanfaat bagi akademisi, praktisi, dan aktor – aktor pembuat kebijakan, dalam kerangka pengabdian terhadap masyarakat luas.

 

Dalam rangka mendukung visi dan misinya, prodi pascasarjana MKP UGM telah melakukan berbagai kegiatan inisiasi kerjasama internasional. Inisiasi kerjasama yang telah dilakukan antara lain dengan beberapa universitas di Thailand, Filipina, Jerman, Korea, Malaysia, dan Australia. Hasil yang telah dicapai adalah penulisan bersama untuk artikel jurnal, program unggulan e-lecture bersama Korea Foundation dan kunjungan dosen dari luar negeri untuk memberikan lecture dan seminar. Dalam waktu dekat perintisan kerjasama untuk pengembangan program double degree juga akan dilakukan dengan universitas-universitas terkemuka di luar negeri.