Kurikulum S3

Struktur Kurikulum Program Studi S3 (Doktor) Jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik berbasis riset (by research), riset mandiri untuk menghasilkan disertasi yang memenuhi kualifikasi tertentu dengan jenjang studi selama 3 tahun.

Skema pendidikan:

  1. Tanpa Kuliah (Waived Scheme)
  2. Jalur Kuliah (Independent Study dan perkuliahan kelas)
  3.  

Mata Kuliah

Metode Penelitian

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang prinsip-prinsip metodologis penelitian khususnya untuk studi yang mempelajari kebijakan dan manajemen public. Prinsip yang dimaksud misalnya pengertian dan ruang lingkup penelitian dalam studi administrasi negara, jenis-jenis Penelitian, macam-macam data penelitian, proses penelitian, karakteristik penelitian yang baik, teknik olah data dan analisis dan bagaimana menyajikannya dalam laporan. Pemahaman metodologis ini juga berguna untuk menjembatani isu-isu kontemporer dalam lingkup kebijakan dan manajemen (praktis) dengan konsep dan teori yang berkembang dalam studi kebijakan dan manajemen public.

Epistimologi Ilmu Administrasi Negara

Tujuan dari mata kuliah ini untuk memberikan pemahaman teoritik pada para mahasiswa dalam kaitannya dengan ontology, epistimologi dan aksiologi dari studi Ilmu Administrasi Negara. Mahasiswa diharapkan memahami teori dan konsep yang berkembang di dalam studi Administrasi Publik beserta dimensi-dimensi/komponen ilmu sosial lainnya yang berkembang dalam studi Administrasi Publik khususnya perkembangannya menuju studi kebijakan dan manajemen publik. Selain itu, kuliah ini bertujuan memberikan bekal kemampuan pada para mahasiswa untuk memformulasikan teori-teori dan konsep-konsep yang baru untuk mendukung pengembangan studi Administrasi Publik.

Mata Kuliah Minat/Konsentrasi

Pada tahun pertama, mahasiswa harus menempuh minimal dua mata pilihan yang disesuaikan dengan minat atau konsentrasi tertentu. Mata kuliah yang diambil harus memiliki substansi yang sesuai dengan topik disertasi yang akan diteliti.